Perjalanan


“Kamu ingin menemukan atau ditemukan?” ujarku saat itu

“Ditemukan.” Kamu berkata mantap. Hanya berjeda 2 detik antara pertanyaanku dan jawabanmu.

Aku merapikan anak rambut yang mengintip dari balik kerudung. Hei, kalian jangan nakal.

Kamu menyesap teh hangat yang kamu buat dengan takaran kesukaanmu: dua sendok teh gula, air panas yang didiamkan 5 menit setelah mendidih dan sekantung teh yang tak lebih dari 3 menit digenangi air.

“Kenapa?” Pertanyaanku lebih seperti ditujukan kepada diri sendiri. Tentu saja aku tahu jawabannya, kita sering membicarakan ini hampir setiap kali bertemu. Tapi kamu, sebagai sahabat terbaik sejagat raya, dengan murah hati menjawabnya untukku.

“Karena kita perempuan, my dear.” Senyum manismu tersulam di akhir kalimat.

Aku menyesap teh hangat yang kamu buatkan dengan takaran kesukaanmu.

“Bila aku belum ditemukan, aku ingin memilih perjalananku sendiri. Aku tidak ingin menoleh ke belakang. Aku akan menyapa setiap bebungaan dan ilalang yang menghuni taman-taman yang kulewati. Aku akan menari bersama angin dan aliran air. Aku ingin berarti. Boleh kan?”

Kamu tertawa kecil. Sejak kapan aku meminta izin atas apa yang akan kulakukan? Tapi kamu, sebagai sahabat terbaik sejagat raya, dengan murah hati menjawabnya untukku.

“Tentu saja boleh, my dear. Berjalanlah dengan hati yang damai dan pemberani. Pada hari yang terbaik, kamu akan dipertemukan dengan ia yang menemukan.”

Aku menganggukkan kepalaku. Hujan mulai reda di luar sana. Dengan antusiasme kanak-kanak, aku menggamit lenganmu.

“Keluar yuk, aku mau lihat pelangi.”

–10 Desember 2016, percakapan imajiner saat menyelesaikan jaga malam

Previous Post
Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

