Imperfection


Ada yang bilang, sebagai manusia, imperfection is a perfection. Ketidaksempurnaan adalah kesempurnaan manusia, karena begitulah sifat makhluq (ciptaan). Tidak sempurna. Bila pun ada yang namanya sifat perfeksionis, kita hanya sedang berupaya supaya Dia berkenan menyempurnakan hasil atas upaya tersebut. Begitulah.

Aku sendiri menjumpai berbagai ketidaksempurnaan itu dalam hidupku. Maksudku, bukannya ingin mengeluh, justru ketidaksempurnaan itu yang membuatku menjadi manusia. Bisa menangis tersedu-sedu saat kehilangan. Bisa merasa lega saat ada masalah yang terselesaikan. Bisa menyadari kekurangan diri dan menerima kehadiran orang lain (baca: teman, sahabat). Dan tentunya, menginsafi keberadaan diri sebagai hamba. Bahwa sebagai hamba, kita nggak boleh merasa angkuh dan menolak untuk taat pada Yang Menciptakan kita.

Ungkapan ketidaksempurnaan ini membuatku memaafkan diriku dan kekurangan yang terjadi di masa lalu. Bahkan saat kita mengalami sesuatu yang menyakitkan, sesuatu yang menurut kita ‘tidak sempurna’ untuk menjadi bagian dari kisah hidup, Dia Yang Maha Sempurna tengah menyisipkan pelajaran agar kita bisa berproses menjadi diri yang lebih baik. Bila kita mau mengambil pelajaran 🙂

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: