Sehat dan Waktu Luang


Nikmat yang sering dilalaikan oleh manusia adalah: kesehatan dan waktu luang.

Tubuh ini amanah. Yang namanya amanah, harus dijaga dan dikembalikan sebagaimana mula-mula ia diberikan.. atau paling tidak, kamu tidak merusaknya. Kelak Allah juga akan meminta pertanggungjawaban atas amanah ini.

Yap. Motivasi banget kan untuk menjaga kesehatan >_<

Waktu luang itu bagian dari waktu. Banyak ulama yang bilang, “Waktu itu kehidupan, karena kehidupan terdiri dari berbagai satuan waktu. Maka, kalau kamu menyia-nyiakan waktu, kamu menyia-nyiakan kehidupan.”

Sayangnya, ya itu, waktu luang itu yang rentan sekali diisi dengan kesia-siaan. Waktu luang itu kan sebenarnya waktu istirahat dari aktivitas yang rutin kita lakukan. Tapi.. apa iya ada konsep beristirahat dari sesuatu yang bermanfaat? Maksud saya, setiap bagian kehidupan kita akan dimintai pertanggungjawaban, termasuk waktu luang itu. Jadi, mindset mengenai istirahat yang pernah diingatkan oleh guru-guruku, “Istirahat itu saat kita menyiapkan diri untuk perjuangan selanjutnya.” Kalau ngantuk, bisa diisi dengan tidur. Kalau dalam keadaan fresh, bisa diisi dengan agenda menuntut ilmu. Jangan sampai istirahat itu membuat kita malah jadi nggak siap untuk melanjutkan perjuangan hidup..

Iya.. Nasihat untuk diri sendiri. Refleksi. Introspeksi. Waktu luangku masih diisi dengan kesia-siaan.. Maafkan aku, duhai Allah.. Ingatkan dan bimbing aku supaya seluruh bagian hidupku penuh dengan manfaat :’)

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: