Selamat Mendewasa, Nona Manis


Maruko

Assalaamu’alaikum.

Halo gadis kecil, apa kabar? (jangan bilang kau akan memprotesku dan berkata, “Aku bahkan lebih dewasa daripada Kakak sekarang.”)

Hari ini tanggal yang selalu kau anggap spesial. Tak peduli aku sedang berada jauh di asrama sewaktu SMP, atau aku tak punya uang lebih seperti sekarang (tabungan pun habis untuk skripsi, hehe), kau selalu merajuk meminta hadiah dariku.

Oh ya, kelahiranmu memang spesial, Nona. Aku hanya terlahir dua setengah tahun lebih awal darimu. Semenjak kau hadir di tengah-tengah kehidupan kita, aku mendapatkan kehormatan itu: menjadi kakak. Aku tak bisa membayangkan bila harus menghadapi masa kecil kita sendirian. Mungkin aku akan menjadi seseorang yang egois karena hanya memikirkan diriku sendiri. Tapi keberadaanmu, membuatku banyak memutar otak untuk sekadar membuatmu tertawa. Kau ingat boneka-boneka yang sering kumainkan? Boneka Woody yang kakinya putus karena sering kita tarik-tarik (karena besarnya badan sang Woody, tidak ada satu pun tubuh mungil kita yang mampu menggendongnya), boneka kelinci yang telinganya putus (aku lupa sebabnya), boneka beruang berbagai warna dan ukuran yang bermain di cerita-cerita karangan kita. Cherry Pin Pink Hana sekaligus Li Yen, Ao, Oa, Blue, Iyu (iyu ini satu-satunya manusia yang ada di cerita itu. Sosok kakak yang kerepotan menghadapi adik-adiknya yang super unik sedunia, hehe). Aku menikmatinya. Aku tak peduli renggutan kesalmu saat aku semakin aneh mengarang cerita, karena setelahnya kau masih murah hati memberiku tawa untuk membuat hidup kita ceria.

Hei gadis kecil, pernahkah kau membayangkan mendapatkan kakak seperti aku? ‘Orang yang seharusnya masuk museum’ menurut bahasamu. Pernahkah kau berharap mendapatkan sosok kakak yang lain, yang lebih dewasa dan normal. Aku tak pernah berharap sekalipun untuk menempatkan orang lain sebagai adikku. Meskipun kita sering bertengkar, meskipun kau seringkali menyebalkan (hahaha), kau adalah adikku. My beloved younger sister. (jangan coba-coba mengoreksi grammarku, sebaiknya kau lakukan itu nanti, saat mengoreksi jurnal skripsi-ku.).

Baiklah gadis kecil, saat ini  SOOCA pertamamu. Kau tidak mungkin membaca tulisan ini terlalu pagi. Aku juga harus bersiap-siap untuk berangkat kuliah.

Do’a terbaik selalu terucap untukmu, Nona. Mendewasalah bersamaku. Bahkan kau harus lebih baik dariku. Pertambahan usia bermakna pertambahan tanggung jawab. Meskipun seringkali aku panik karena melihat sifat santaimu, aku ingin selalu percaya bahwa kau akan tumbuh dewasa dan menjadi muslimah yang tangguh. Jangan lupa selesaikan tugasmu tepat waktu. Kau tahu? Orang-orang dewasa di luar sana memiliki banyak prinsip-prinsip positif yang perlu kita pelajari.

Jangan takut menjadi dewasa. Kau tidak perlu meninggalkan kepolosan kanak-kanak untuk itu. Kau hanya perlu memperluas sisi lain dirimu untuk menjadi seseorang yang lebih baik :’)

Ah, kakakmu mungkin bukan contoh yang baik. Aku masih belajar untuk menjadi seseorang yang berteguh hati menjalankan kebenaran dan totalitas dalam menjalankan amanah. Kehidupan ini adalah amanah, Nona manis. Ya, aku masih belajar. Masih banyak kekurangan yang perlu kuatasi. Jadi, ayo mendewasa bersamaku. Kau tidak akan menyesal untuk belajar. Meskipun kadang air mata dan keluh kesah akan mewarnai hari kita, ada Allah yang selalu mencintai kita. Ada kemudahan-kemudahan yang akan menyertai kesulitan dan tantangan yang hadir dalam hidup kita. Insya’Allah.

Selamat hari lahir, Nona beruang. Ayo berjuang menjadi dokter yang baik :’)

Salam sayang, kakakmu. Miaww.

p.s. : aku belum memutuskan akan memberi hadiah apa. Tunggu kondisi keuanganku kembali normal ya. Hehe.

 

Sumber gambar: http://lh4.ggpht.com/_znOjhtB5wn0/TFjyUSymWmI/AAAAAAAAAOk/4r0TEjvT4sE/s800/sp049.jpg

Previous Post
Leave a comment

2 Comments

  1. hei bocah, aku jalan-jalan kesini ya! salam buat adik bocah.. hehe. barakallah..

    Reply

Leave a Reply

