Pesan Ibuku


Ibuku selalu berpesan, jadilah engkau shalih/shalihah secara pribadi dan sosial.

Tidak cukup kebaikanmu untuk diri sendiri.

Tidak cukup kepandaianmu dalam teori dan kecerdasan beretorika belaka.

Tidak cukup kebanggaanmu dalam kuantitas ibadah semata.

Tujuan utama da’wah Rasulullah adalah kemuliaan akhlaq (innamaa bu’itstu li utammima makaarimal akhlaaq).

Kalau diibaratkan, di Ilmu Kesehatan Masyarakat, ada tahapan pembentukan perilaku seseorang: pengetahuan (tahu/tidak tahu) -> sikap (setuju/tidak setuju) -> perilaku (mempraktikkan/tidak mempraktikkan).

Tahu belum tentu setuju. Setuju belum tentu mengaplikasikan. Maka tataran terdalamlah yang hendak dicapai Islam, tatkala pengetahuan tentang tuntunan-tuntunan Islam mampu melahirkan kerelaan dalam hati untuk diikuti.. kemudian kerelaan itu melahirkan aplikasi yang manfaatnya berpendar luas kepada masyarakat.

Sistem sosial diatur dengan sedemikian sempurna. Mulai dari hal terkecil seperti menghormati tetangga, menghormati tamu dan menjaga lisan. Tak berhenti dalam harmonisasi tataran keluarga dan komunitas, Islam juga mengatur aspek-aspek kehidupan lainnya.

Pada tataran individu, keshalihan pribadi menjadi pijakan mula-mula, yang kemudian merentas keshalihan masyarakat.. Ibarat pohon, akarnya menghujam kokoh ke tanah, batangnya menjulang tinggi, dedaunannya dihiasi buah-buahan manis yang dapat dinikmati makhluk-makhluk di sekitarnya.

Aku masih (dan selalu) ingin belajar menjadi muslimah yang kaffah (komprehensif). Akan lebih indah bila kau juga ikut bersamaku :’) Percayalah sobat muslim dan muslimah, kau berada dalam cahaya yang sedemikian hangat dan indah :’)

Ayo masuk, jangan ragu. Pintu terbuka lebar. Tinggal kakimu memilih untuk melangkah ke dalam, atau melewatkan kesempatan untuk memeluk cahaya itu erat-erat.

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: