A atau B?


Kalau ditanya, mau pilih mana, orang yang super baik tapi belum punya kompetensi, atau orang yang kompeten tapi belum terlalu baik untuk dijadikan pemimpin, saya akan menjawab orang yang kompeten. Dengan pertimbangan orang yang kedua ya nggak ngaco-ngaco banget juga (sholatnya ogah-ogahan, merokok, suka main perempuan, terlalu sangat amat bebas dalam bergaul, misalnya. Masa iya kita mau dipimpin sama orang yang mimpin dirinya sendiri aja nggak bisa?).

Ini adalah pikiran yang sering didebat oleh beberapa orang.

Saat kita memilih pemimpin, kompetensi itu bukan syarat yang bisa ditawar. Kalau jadi anggota, iya benar, dia masih bisa belajar. Tapi kalau asal milih pemimpin yang penguasaan medannya kurang, sama saja menjerumuskan diri orang itu dan orang-orang yang dipimpinnya.

Tapi kan, bagusan kalau dia kompeten sekaligus baik? Nggak hanya total dalam ngerjain tugas organisasi, tapi juga bisa ngasih booster positif bagi perubahan individu di dalam lingkaran kepemimpinannya. Keren nggak sih, pas sudah selesai, LPJ-nya bagus, orang-orang yang sekerja bareng juga dapat banyak input positif dan bertransformasi jadi seseorang yang lebih baik :’)

Setuju. Banget.

Itulah pentingnya kaderisasi. Regenerasi. Membentuk orang yang hebat secara kompetensi sekaligus karakter.

Kecuali kalau balik ke kondisi, saat orang itu sudah harus banget naik untuk memimpin, tanpa rentang waktu untuk menyiapkan modal, saya lebih memilih orang yang sudah kompeten.

Untuk mencapai yang ideal itu, semacam tantangan bagi setiap tim pengembangan SDM di seluruh organisasi. Iya, nggak?

Ya, kecuali kalau organisasinya memang dibentuk untuk menghasilkan orang yang nggak baik. Mungkin aja yang kayak gitu ada.

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: