Teman Se-Imun, Teman Se-Iman


Teman yang ada di dekat kita, mau tidak mau, suka tidak suka, akan mempengaruhi diri kita yang sekarang. Atau bahkan diri kita di masa depan.

Memang, ada istilah berbaur tanpa melebur. Itu artinya kamu bisa bergaul dengan siapapun; menyampaikan kebaikan dengan ceria, konyol, sederhana, menggebu-gebu, logis, lemah lembut, cerdas, perlahan atau to the point sesuai kreativitas dan kondisi siapapun di sekitarmu. Ingat, berbaur artinya dengan siapapun. Tidak ada eksklusifisme.

Islam itu universal. Ayo kenalkan indahnya pada siapapun di sekitar kita.

Sedangkan, tanpa melebur itu artinya kita punya tameng. Sistem imun yang menjaga tubuh kita dari zat asing nan tidak bermanfaat bagi diri.

Nah, “teman dekat” itu adalah teman yang kamu paling banyak menghabiskan waktu dengannya (kuantitas, ya?), atau paling dekat hubungan emosional dengannya. Dia yang paling kamu dengar, yang diskusi bersamanya paling kamu ingat, yang kebersamaannya paling berkesan.

Guru-guruku berpesan dahulu, untuk tidak melebur dalam nilai-nilai keterberbauran yang tidak baik, maka carilah teman dekat yang baik. Terbayang, kan? Saat ini, kebenaran di kalangan luas bisa diputarbalikkan, dijadikan tampak buruk.  Jadikan teman dekat, dia yang mengingatkanmu bahwa kebenaran itu adalah kebenaran. Dia yang menguatkanmu untuk menaati kebenaran dan menyusuri jalan ketaatan, bagaimanapun kalangan luas memandangnya.

Aku merindukan teman dekat yang membuatku tidak melebur. Apakah aku sudah menjadi teman yang sedemikian? Wallahu a’lam.

Bentuk pertemanan ini sesungguhnya juga tidak membatasi seorang pada posisi menerima atau memberi saja, tapi keduanya. Saling menjaga. Saling menasihati. Seperti yang Allah catat dalam surat Al ‘Ashr.

Jadikan teman se-imun-mu, teman se-iman-mu :’)

Ayo berjuang, cahaya!

 

Advertisements
Previous Post
Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: