Kecil-Besar, Besar-Kecil


Saya suka bertanya-tanya, mengapa orang (termasuk saya) kadang suka membesar-besarkan hal yang kecil. Misalnya, kemarin, waktu ada miskomunikasi dengan beberapa teman, saya pakai panik yang sebenarnya nggak perlu.

Kalau ada miskom, ya lurusin aja.

Kalau ada yang nggak bener, ya benerin.

Kalau ada yang terlupa, ya segera lakuin.

Sekian menit yang kamu pakai buat heboh karena sesuatu, sebenarnya bisa dipakai untuk menyelesaikan sesuatu itu lebih cepat.

Iya, kan?

Mungkin ini persepsi setiap orang, tentang besar kecilnya sesuatu di mata dia. Bagaimanapun, perilaku seseorang nggak hanya ditentukan oleh realita yang ada, tetapi juga pandangan subjektif dia tentang itu.

Kalau koreksi diri saya sendiri, berarti kemampuan saya dalam memprioritaskan sesuatu belum bener-bener bener. *peace, bahasanya nggak baku banget*

Prioritas dalam berpikir, dalam berucap, dalam merespon, dalam melakukan sesuatu.

Ya jangan sampai juga menyepelekan sesuatu yang besar. Mentidakpentingkan sesuatu yang sebenarnya penting. Butuh latihan lebih banyak, kayaknya.

(dan Nai kemarin membuat saya sadar hal yang sepele kayak gini, “Sekarang aku sih sudah nggak mau main nggak enakan, soalnya urusan-urusan negara harus tetap berjalan.” Iya banget ibu negara. Semangat ya bidang 1, aku seneng lihat bidang 1 dapat ‘ibu’ kayak kamu.)

 

p.s. : dan yang terpenting dari yang terpenting, perspektif besar-kecil dalam memprioritaskan sesuatu juga harus dibangun dari kacamata Islam. Allah menetapkan seperti apa. Rasulullah mencontohkan seperti apa.

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

