Catatan Skripsi (5) : Nona-Baru-Tahu


Nona-baru-tahu, julukan terbaru untuk diri saya sendiri..

Tolong ya Allah, ternyata banyak sekali yang belum saya ketahui tentang penelitian. Dahulu kala saya sering berkutat di tataran Literature Review alias Kajian Pustaka. Sesimple-simplenya, saya hanya harus menentukan topik yang diinginkan, mencari variabel yang menarik untuk ditulis, kemudian mencari literatur yang berhubungan dengan topik tersebut.

Litrev yang dulu segitu membuat pusingnya, ternyata belum ada apa-apanya.

Saya masih nona-belum-tahu-apa-apa yang sedang berusaha naik pangkat menjadi nona-baru-tahu.

Saya baru tahu kalau membuat proposal penelitian itu luar biasa memerlukan effort. Kamu harus punya konsep matang, kamu harus bisa membayangkan segala hal yang akan terjadi, kamu harus memikirkan kemungkinan apapun yang bisa terjadi dalam pengumpulan data, kamu harus berimajinasi arah analisis dan pembahasan data yang kamu dapatkan nanti.

Saat berkata, “Ini penelitian kamu,” semacam berujar, “Ini hidup kamu.”

Tidak bisa setengah-setengah. Pikirkan matang-matang. Gali ilmunya. Jangan hanya didasarkan pada persepsi pribadi, kamu harus punya dasar yang kuat. Kamu harus berhati-hati dalam menulis.

Allahu akbar !

Saya baru tahu pentingnya bagian A atau B di bab sekian. Semua punya maksud, semua butuh ilmu, dan yang terpenting: semua harus berkesinambungan. Ada benang merahnya.

Wow wow, apakah saya memandangnya terlalu rumit?

Mungkin iya, mungkin tidak. Tapi kalau mau menyebutnya kompleks, iya.

Pengalaman yang harus jadi seru ! (nulisnya pun pakai tanda seru)

It’s ok. Dari kisah seperti inilah pengetahuan berkembang.

 

Dan.. motivasi utamanya, Allah memuliakan orang-orang yang berilmu beberapa derajat :’)

 

Ilmu harus bisa meningkatkan kualitas iman dan ibadah kita pada Allah.

 

Minimal,  mulia dalam proses, Nur. Yuk ikhlash !

Leave a comment

Leave a Reply

