TGoB (bukan review)


Aslinya, saya sedang membaca The Geography of Bliss, setelah ‘tergoda’ tulisan sahabat-sahabat saya. Mulanya, saya ingin mencoba menulis review buku, tapi setelah saya baca ulang, tulisan saya masih berupa sedikit kesimpulan versi saya dari 103 halaman pertama buku ini. Buku yang menarik.

Jadi, pun tidak bisa disebut review, bila boleh, sebutlah ini lintasan-pikiran-di-benak-yang-sayang-untuk-saya-abaikan-saat-membaca-TGoB. Itulah yang ingin saya bagi sekarang :’)

Kurasa, kebahagiaan adalah suatu pengalaman jiwa yang subjektif. Pada sebagiannya, kebahagiaan merupakan satu titik penting dari adaptasi seseorang terhadap lingkungannya, di mana pada titik itu, terdapat keseimbangan antara lingkungan dan dirinya. Pada sebagian yang lain, kebahagiaan adalah kekhasan pribadi, bervariasi bahkan pada individu-individu yang berada pada lingkungan yang sama.

Bagiku, yang terpenting, segala sesuatu yang aku persepsikan sebagai bahagia berada dalam kebenaran. Jika kita tidak berada di jalan yang benar, untuk apa merasakan sesuatu yang kita persepsikan sebagai kebahagiaan? Kebahagiaan seperti itu jangan-jangan hanya rasa yang semu. Tidak masalah apa bentuknya sekarang, tangis atau tawa, selama rasa yang ada lahir dari kebenaran, itu adalah kebahagiaan. Dari kebenaran yang bersumber dari Penciptaku. Mengapa? Karena kebahagiaan yang akan kupeluk erat-erat adalah rasa yang membawa pada kebahagiaan abadi di akhirat.

Jika sudah begitu, rasa akan menjelma karsa juga karya, yang menjelmakan bahagia abadi, di sini, di sana, sekarang dan nanti. Insya’Allah.

Jadi, sepertinya ini memang bukan review, kan?

 

Oh ya, saya suka Swiss !

Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

