Penelitian, Jangan Bilang Itu Horor


Penelitian.

Research.

Riset.

Tiga kata bermakna sama itu kali ini setia mengisi ruang hari saya. Wow, saya tidak semengerikan itu, tunggu dulu. Jangan bilang kalau kalian langsung membayangkan saya adalah seorang jenius berkacamata tebal dengan level keseriusan melebihi puncak gunung Jaya Wijaya. Hiperbolik, ya? Walaupun sesungguhnya sosok peneliti memang tidak sehoror itu, toh saya juga bukan seseorang yang ekspert di bidang penelitian.

Bayangkan seorang gadis biasa, dengan hobi mengacak-ngacak koleksi novel orang atau tertarik pada animasi dan lagu anak-anak, dengan imajinasi yang melompat-lompat dan rajin cengengesan tersenyum, memiliki sedikit rasa suka dengan dunia penelitian. Sedikit. Gadis itu belum pernah benar-benar memenangkan juara perlombaan karya ilmiah. Gadis itu hobi mengernyit bingung dan bertanya banyak saat tidak mengerti banyak tentang penelitian yang tengah ia hadapi.

Ia jauh dari sempurna, jika ingin dikatakan, dari bayangan orang-orang tentang seorang peneliti.

Nah, sekarang gadis itu semakin menyukai dunia penelitian. Kita ubah redaksinya, saya semakin menyukai dunia penelitian.

Menyaksikan iklim penelitian mulai tumbuh di fakultas tercinta, itu jauh lebih menyenangkan lagi.

Saya memahami penelitian dari sudut pandang sederhana. Pertama, menggali hikmah. Seorang muslim selalu dimotivasi oleh Allah dan Rasul-Nya untuk mengoptimalkan anugerah akalnya, kan? Kedua, mengikhtiarkan solusi. Ketiga, menjawab tantangan rasa penasaran (hei, penasaran itu kadang menyebalkan, lho). Keempat, Alhamdulillah jika proses tersebut bisa melahirkan karya yang bermanfaat.

Belum. Saya belum menelurkan karya-karya besar. Saya belum mempublish apa-apa. Saya belum pernah membawakan presentasi di belahan dunia lain. Saya baru duduk setia, di belakang ruangan saat kami (teman-teman dan saya) mengadakan acara pelatihan mengenai penelitian. Saya baru tersenyum cerah untuk setiap adik kelas saya yang mulai melesatkan diri untuk menekuni dunia penelitian. Saya baru ikut serta sedikit dalam diskusi tentang seperti apa sebaiknya keberjalanan UKM kami selanjutnya.

Penelitian adalah bagian yang tak terpisahkan dengan dunia kedokteran yang kami tekuni sekarang.

Science Research Center. Semoga langkah kita tidak terhenti sampai di sini.

SRC FKUP

Bagaimana dengan saya?

Siapa yang tahu. Allah punya banyak kejutan.

p.s. : Yo, semangat Stem Six dan bocah-bocah luar biasa (eh, dijamin 2011 nggak rela disebut bocah) =)

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

