Positif-Negatif : Dua Kutub Berbeda


Saat kita berbicara dengan orang yang didominasi nuansa negatif, sepositif apapun, sesederhana apapun keadaannya, feedback yang diberikan biasanya bernada negatif juga, ya?

Sebaliknya, saat kita berbicara dengan mereka yang didominasi nuansa positif, sekacau apapun keadaannya, feedback yang diberikan insya’Allah juga bernada positif.

Yang satu melelahkan. Yang satu lagi menyegarkan.

Hei, kita harus punya keyakinan bahwa kita bisa mengupayakan yang terbaik.. kita masih bisa mengusahakan keadaan yang lebih baik, tim yang lebih solid, masa depan yang lebih cerah, nilai yang lebih baik, kemajuan yang lebih progresif, perubahan yang menuju arah positif.. pun saat kita sedang berada di keadaan yang suram, tim yang belum solid, masa kini yang terasa sulit, nilai yang menyedihkan, stagnansi diri atau kelompok.. pun saat sekitar kita sangat gelap saat ini.

Pun saat segala fakta yang sudah ada memberikan sisi kecewa dalam diri, sisi pesimis dalam hati.. Itu fakta masa lalu, Tuan dan Nona. Kita masih bisa mengikhtiarkan fakta masa depan yang lebih baik. Dengan izin-Nya.

“Harapan itu masih ada”, tentu bukan hanya slogan.

Pernah dengar? Saat keadaan seakan-akan tidak akan menjadi lebih buruk lagi (frase untuk keadaan yang sangat sangat kacau), satu-satunya hal yang masih bisa menghangatkan dan membangkitkan diri kita adalah harapan.

Harapan pada Sang Pencipta. Bahwa skenario yang Ia tetapkan tentu tidak ada yang jahat. Bahwa Ia selalu memberikan kita kesempatan untuk memberikan ahsanu ‘amalaa sebelum ruh ini dijemput pulang.

Harapan pada diri kita. Bahwa kita memiliki banyak potensi jauh lebih dari cukup untuk menjadi seseorang yang luar biasa.

Harapan pada mereka yang ada di sekitar kita.

Kepercayaan. Do’a. Kesungguhan. Insya’Allah akan lahir dari harapan yang kita jaga.

Mudah-mudahan Allah mengizinkan kita menjadi seseorang yang didominasi oleh sisi positif (yuk bilang Aamiin).

Lebih suka yang mana?

Ini pilihan tentang bagaimana kita akan menjalani kehidupan :’)

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: