Selamat Tinggal Sophomore (bagian pertama)


Saya.. sudah mau tahun ketiga, ya?

Cepat sekali, ya?

Padahal, anatomi masih meraba-raba. Padahal histologi masih banyak yang belum kebayang. Padahal patologi anatomi masih banyak yang belum ngeh, “Itu bentuk apa deh, gambaran apa?” (dengan nada frustasi). Padahal, fisiologi masih banyak yang missing link, belum jadi cerita utuh yang menyenangkan untuk diimajinasikan. Padahal patologi klinik masih banyak mengernyit. Padahal, farmakologi masih banyak bingungnya, “Kenapa ini ajaib? Kenapa beda sama yang di kertas kasus. Kenapa itu yang dikasih? Kenapa bisa ngefek gitu sih?” (kembali dengan nada frustasi).

Padahal.. masih banyak padahal-padahal lainnya.

Sophomorenya sudah mau pergi lho. Coba, coba, kalau direview, sudah FBS, RPS, EMS, NBSS, DMS, dan HIS. Subhanallah.. Laa hawla wa laa quwwata illaa billaah..

Bangun, bangun ! Kamu dididik untuk mawas diri. Kalau merasa ‘nggak tahu apa-apa’, itu bukan untuk diratapi. Kalau kata dokter Yulia, mawas diri pun adalah sebuah fase penting dari proses pembelajaran. Kalau dulu kamu nggak tahu sekaligus nggak nyadar, dan sekarang kamu sudah dapat kesadaran itu.

Kesadaran yang berharga.

Mawas diri. Tahu kapasitas. Tahu apa yang ingin dikejar. Tahu apa yang ingin digali. Tahu apa yang ingin diperbaiki. Kesadaran yang patut disyukuri.

Alhamdulillaah.

Jadi, sophomore mau pergi, ya itu sunnatullah waktu, kan? Sekarang, tugas kamu, ambil hikmahnya, bangun tekad baru, dan lakukan perbaikan ! Kalau meratap aja mah nggak akan mengubah apa-apa juga.

Insya’Allah bisa ! Allah masih kasih kesempatan.

Tugas kita adalah berjuang ! :’)

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: