#random #part16


Perempuan itu perasa, saya tahu. Hanya saja, kadar perasa itu berbeda-beda, juga kemampuannya mengelola itu, mungkin. Bagaimana memprioritaskan sejauh mana dia akan melibatkan kesehariannya dengan perasaan-perasaan itu. Sejauh mana dia memilih untuk terbuka pada masing-masing mereka.

Salah satunya, dalam hal memaafkan.

Ada banyak sekali alasan untuk tidak memaafkan orang lain. Saya sendiri memerlukan proses belajar yang cukup lama untuk itu. Pada tahun-tahun awal itu, rasanya melelahkan. Kemudian, memaafkan jauh lebih mendamaikan bagi saya. Berdamai membuat saya bisa lebih bebas menjadi saya yang jauh lebih baik, apapun yang terjadi pada saya sebelumnya.

Ada banyak sekali alasan untuk tidak memaafkan orang lain. Tapi, yang saya pahami dalam 19 tahun kehidupan saya, ada satu alasan besar kenapa saya harus memaafkan orang lain :

Karena Allah, yang sangat saya cintai, adalah Zat yang Maha Pemaaf.

Leave a comment

Leave a Reply

