#random #part15


Saya merindukan buku-buku saya di rumah. Saya ingin sekali memilih sebuah rak buku besar, berulir kayu jati, di dinding kamar saya.

Saya kangen sastra. Sepanjang pekan saya berusaha setia membaca tulisan-tulisan berbahasa Inggris, atau learning issue teman-teman saya, atau jurnal-jurnal penelitian yang bermacam rupa. Sepanjang mata saya menyala, saya berusaha mengabaikan keinginan untuk membeli karya-karya sastra yang saya tunggu sejak lama. Sepanjang itu pun, pikiran saya lebih banyak mengembara ke planet Venus yang menyala cerah atau bersembunyi di balik embun-embun pagi yang sunyi.

Sebut saja ini bosan. Jenuh. Sepertinya bosan lebih sederhana dari jenuh. Oke, saya ini pemain diksi.

Saya merapikan kamar. Saya mengacak-acak barang di lantai untuk menyusun teka-teki, atau berpura-pura mengacak-acak pikiran di pantulan lantai. Saya merapikan kamar lagi. Saya terdiam.

Dan saya mengetik kata-kata tanpa rupa. Atau berupa-rupa kata. Ah, maafkan, ini cara saya bercerita. Saya belum pernah berhasil bercerita panjang lebih dari 15 menit, kecuali, ya, dengan orang-orang yang sangat mengenal saya dan membuat saya tak bisa berhenti berbicara. Jadi, selain itu saya menulis. Bisa lebih dari satu jam. Dua jam. Tiga jam, kadang.

Apa sih yang mau kamu tulis?

Saya hanya ingin menulis. Itu saja. Berbicara pada diri sendiri. Menulis bisa menjadi salah satu terapi bagi diri sendiri, pernah dengar?

Cobalah. Menulis. Membaca. Menulis. Merangkai kata. Bercerita dalam sepi. Ini lebih menyenangkan dari berbicara panjang tapi selanjutnya kamu lupa. Kamu bisa mengulang-ulang membacanya. Mengeditnya saat tiba-tiba terlintas keinginan saat luang, selain dorongan untuk merapikan kamar. Membacanya lagi.

Membukanya saat kamu rindu.

Atau berbagi dengan orang-orang spesial dalam kehidupanmu.

Baiklah, ini tulisan saya tentang bosan, dan kalau kalian bosan membacanya, berarti saya berhasil memainkan rasa bosan itu untuk kalian. Haha. Maafkan saya.

Jadi, mari berjuang lagi ! Ini akan menyenangkan saat kamu melakukan hal-hal bermanfaat yang kamu sukai.

Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

