Totalitas dan Cinta, Cinta dan Totalitas ?


Saya baru saja membaca tulisan seorang medical student di negeri seberang lautan (entah berapa lautan), baiklah, tepatnya di sebuah situs yang sering saya kunjungi.

Ia menuliskan 10 alasan untuk menjadi seorang dokter, di mana tulisan itu disampaikan untuk menjawab sebuah tulisan lain yang memaparkan 10 alasan untuk tidak menjadi seorang dokter.

10 alasan untuk tidak menjadi seorang dokter, tulisan aslinya memang sudah dihapus, tapi di sana saya membaca komentar beberapa medical student yang membela profesi kedokteran, di antaranya, “There’s no crying in medicine. I love my job.”

There’s no crying in medicine. I love my job.

I love my job. Iya banget, kalau sudah cinta dengan ranah yang Allah amanahkan ini, mau bagaimana, dong?

Saya banyak belajar ‘cinta’ dalam bentuk ini dari Ummi. Ummi mulai menekuni dunia mengajar (pendidikan) jauh sebelum saya lahir. Sejak SMA, Ummi sudah mulai mengajar privat anak-anak. Dan, Ummi selalu melibatkan cinta dalam profesinya.

Saya teringat kisah seorang teman Ummi yang memperoleh kesempatan berkeliling dunia bersama keterampilan kaligrafinya, jauh lho dari sini, ke Belanda dan Paris.

Ummi juga beberapa kali pergi ke belahan negeri lain karena kecintaannya di dunia pendidikan. “Kuncinya sederhana, Kak : totalitas di bidang apapun yang kita tekuni.”

Dan di balik totalitas itu, selalu ada cinta.

Seseorang akan berbahagia mengusahakan hal-hal terbaik untuk sesuatu yang ia cintai. Saat ada kesulitan, yang terlintas di benak adalah bagaimana ia bisa menghadapinya agar ia bisa bertahan.

Dari cinta, akan lahir totalitas. Totalitas adalah indikator cinta.

Tapi, kalaupun belum bisa ‘jatuh cinta’ dengan bidang yang ditekuni sekarang, tidak perlu menyalahkan diri atau menangisi keadaan, ada istilah ‘bangun cinta’ yang juga diperlukan bahkan bagi orang yang telah ‘jatuh cinta’.

Karena Allah cinta orang-orang yang berjuang di jalan-Nya dengan sebenar-benarnya perjuangan. Ini cinta yang paling indah, kan? :’)

Advertisements
Next Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: