Insulin dan Glukagon : Dua Sahabat


Insulin bukanlah musuh glukagon, sebagaimana glukagon bukanlah musuh insulin.

Meskipun peran mereka berbeda, insulin dan glukagon adalah sahabat baik yang berperan hebat dalam tubuh manusia sebagai ketaatannya pada Allah.

Fungsi insulin dan glukagon, keduanya, merupakan sistem control feedback yang penting untuk menjaga konsentrasi glukosa darah yang normal.

Saat konsenstrasi glukosa meningkat terlalu tinggi, insulin disekresikan; insulin kemudian menyebabkan konsentrasi glukosa darah menurun menuju normal.

Sebaliknya, penurunan glukosa darah merangsang sekresi glukagon; glukagon kemudian berfungsi dalam arah yang berlawanan untuk meningkatkan glukosa menjadi normal.

Di bawah sebagian besar kondisi, mekanisme feedback insulin lebih banyak berperan penting dibanding mekanisme glukagon, tetapi pada keadaan kelaparan atau penggunaan glukosa berlebihan selama olah raga dan situasi penuh tekanan lainnya, mekanisme glukagon menjadi sangat bernilai.

(Guyton & Hall Medical Physiology Halaman 972)

Setiap kita, memiliki peran dan keistimewaan yang berbeda. Selama itu dalam taat, dalam fithrah, dalam ketentuan yang Allah gariskan untuk kita, tak masalah kita menjadi apa; tapi bagaimana kita menjadikan diri kita menjadi jalan manfaat bagi yang lainnya.

Bagaimana menjadikan hidup yang ringkas ini menjadi taman kebaikan.

Bukan perbedaan yang harus kita garis bawahi, tapi kesamaan ‘aqidah, kesamaan tujuan untuk menjadi hamba Allah yang bermanfaat. Kesamaan ikatan hati untuk mentauhidkan Allah.

Maha Suci Allah.

Tidak ada yang lebih tinggi, tidak ada yang lebih rendah. Hanya Allah Yang Maha Tinggi.

Sabbihismarobbikal a’laa. Sucikanlah nama Robb mu yang Mahatinggi.

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

5 Comments

  1. Andri Haryono

     /  October 14, 2011

    itu enzim kan?
    kan ada tuh kasus pasien yang ga bisa menghasilkan insulin. yang sebaliknya ada ga?
    ga bisa bikin glukagon?

    Reply
    • Insulin dan glukagon adalah hormon, keduanya berperan dalam regulasi kadar gula darah. Kalau insulin menurunkan kadarnya, glukagon meningkatkan. Sebenarnya selain glukagon ada juga hormon dan sistem lain yang berperan dalam meningkatkan gula darah. Tapi yang saya bahas di sini adalah glukagon karena sama-sama dihasilkan oleh sel pankreas seperti insulin. Saya belum membaca sampai sejauh ke sana, mohon maaf. Tujuan saya menulis ini juga lebih ke analogi saja, mudah-mudahan ada hikmahnya 🙂

      Reply
      • pantirahayu

         /  January 26, 2016

        Saya sangat suka membacanya, sangat menyejukkan. Sebuah analogi dari mekanisme hormonal yang dapat kita jadikan contoh bagaimana kita menjalankan peran kita dalam kehidupan ini…..proficiat dokter…..salam sahabat…

      • Terima kasih 🙂 Ilmu yang kita pelajari memang memiliki banyak ruang inspirasi yang dapat kita gali.. Salam sahabat juga.

  1. Insulin dan Glukagon : Dua Sahabat | cahaya kesabaran sang penyeru kebaikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: