Menjadi Ayah yang Ideal di Mata Anak (Sebuah Artikel)


Saya baru menemukan artikel yang sangat bagus dari VivaNews, tentang menjadi ayah yang baik untuk anak-anak. Saya suka sekali dengan dunia pendidikan dan anak-anak, dan tentu saja, pendidikan terbaik selalu dimulai dari rumah : ayah dan ibu. Insya’Allah, yang terpenting juga adalah menjadi ayah atau ibu yang baik di mata Allah, yang megenalkan anak-anak kepada Sang Pencipta dan menanam kecintaan pada kebenaran yang disampaikan Allah dan Rosul-Nya. Jadi, selamat membaca para ayah dan calon ayah:) “Karena di pundak kami, ada tanggung jawab generasi.”

Menjadi ayah yang hebat dan ideal bukan hanya dambaan buat anak-anak, tapi juga para istri. Berikut ada beberapa tips yang dikutip dari laman CarePages.com bisa menjadi referensi untuk para Ayah yang ingin menjadi idola di mata anak-anaknya.

Luangkan waktu bersama anak-anak
Bukan sekadar memberikan hadiah, menghabiskan waktu bersama anak-anak adalah hal paling penting. Bahkan hal kecil, seperti menanyakan apa yang si kecil lakukan di sekolah hari ini atau membacakan cerita pengantar tidur di malam hari.

Perhatian ini dapat membuat anak-anak berpikir, Anda peduli pada mereka. Sebagai contoh, anak perempuan yang sering menghabiskan waktu berkualitas dengan ayahnya akan tumbuh menjadi wanita lebih kuat dan mandiri. Dalam prinsip mereka, wanita perlu mendapatkan rasa hormat dari pria.

Jadi, ketika Anda mengobrol dengan buah hati, usahakan untuk fokus pada mereka, dan mengalihkan perhatian dari televisi atau surat kabar saat di rumah. Dan, coba perhatikan, reaksi senang mereka.

Ajarkan harga diri yang baik
Ini agak sulit, karena pelajaran ini tidak bisa didapat hanya lewat kata-kata, tapi harus dengan perbuatan. Jika Anda yakin dengan diri sendiri, maka anak-anak pun akan percaya pada diri mereka sendiri. Tunjukkan pada anak bahwa Anda menghargai mereka. Mendukung apapun minat yang ingin mereka lakukan dan berikan pujian untuk mendorong melakukan hal-hal baik.

Menghargai istri
Jika terjadi selisih pendapat dengan istri di rumah, jangan berdebat dan bertengkar di depan anak-anak. Cara Anda menghargai istri dan ibu dari anak-anak Anda, akan menjadi contoh buat mereka. Jika Anda tidak menghargai istri, maka anak-anak pun akan meniru perilaku Anda. Anak-anak akan menjadi pribadi yang tidak bisa menghargai orang lain. Ibu mereka adalah pasangan Anda. Cobalah selalu bekerja sebagai tim ketika berhadapan dengan situasi keluarga.

Mengobrol lebih banyak dan lama
Satu penemuan terbaru dari Universitas North Carolina menunjukkan, ayah dapat membentuk perkembangan bahasa lebih dari ibu. Dalam studi ini diketahui meskipun para ayah tak sesering ibu saat berbicara kepada anaknya, namun sekali saja suatu perkataan keluar dari mulut sang Ayah, perkataan itu akan terus melekat dalam pikirannya. Dan, tahukah Anda, kelebihan-kelebihan yang dimiliki anak adalah pengaruh dari ayahnya.

Menunjukkan perhatian

Pelukan atau sentuhan tangan lembut dari ayah untuk anaknya bisa mengirimkan pesan cinta yang dalam. Tindakan ini juga bisa memberi anak Anda rasa aman dan ia akan merasa bahwa seorang ayah selalu mendukungnya dan menerimanya.

Link : http://kosmo.vivanews.com/news/read/120177-menjadi_ayah_yang_ideal_di_mata_anak

Advertisements
Previous Post
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: