Kiat Berprestasi?


Kiat berprestasi?

1. Apapun amalnya, jaga niatnya hanya karena Allah.

Bukan karena kita mau dapat hadiah atau nilai bagus, karena itu cuma efek samping. Kalau niat lurus, insya’Allah yang kita dapat akan bermanfaat, apapun bentuknya.

2. Kuatkan motivasi.

Motivasi itu ibarat bahan bakar. Nah, motivasi seorang muslim sebaiknya bercermin dari niatnya. Misal, kenapa harus belajar? Allah akan memudahkan jalan orang yang menuntut ilmu ke surga, lho. Lalu, sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Dengan kita belajar, lebih banyak yang bisa kita beri, dan tentu ada nilai kebahagiaan untuk itu. Kenapa masuk Rohis? Karena kita gak cuma hidup untuk di dunia, tapi juga di akhirat. Nah, Rohis itu salah satu aset untuk bahagia dunia akhirat. Karena di sana kita berbagi semangat untuk senantiasa jadi lebih baik, dan orang yang seperti itu adalah orang yang cerdas, kan?

3. Tulis target.

Kalau ini, ada jangka panjang, menengah, dan pendek. Lebih bagus lagi pakai batas waktunya.

Misal, target utama kita adalah masuk surga. Menengahnya, masuk fakultas kedokteran. Pendeknya, masuk jurusan IPA, lulus ujian dengan nilai baik dan jujur, ikut penelitian.

Tulis dan tempel di tempat yang bisa kita lihat. Jadi kita punya gambaran spesifik, dari sana kita bisa menentukan langkah nyata untuk mewujudkannya.

Jadi lebih mudah, kan?

4. Rancang langkah-langkah bayi.

Nah, ini bisa berupa hal yang ingin dipelajari atau dilakukan pada waktu tertentu. Seperti bayi yang belajar berjalan, langkahnya perlahan tapi konsisten, lama-lama akan menjadi habit yang bahkan bisa menuntun ia berlari atau melompat tinggi.

Misal, jadwal belajar akademik, jadwal organisasi.

5. Tersenyum dan berbahagialah.

Kenapa?

Karena tujuan kita melakukan sesuatu memang supaya kita bahagia, kan? Mulailah dari sana. Salah satu caranya, gaul dengan teman-teman yang bisa menyemangati dalam kebaikan. Ya, kalau istilah Opick, berkumpullah dengan orang sholih.

6. Jaga ibadah.

Karena Allah yang menciptakan otak kita, mengatur sistem kehidupan dalam tubuh kita, maka usahakan senantiasa dekat dengan-Nya. Mendekat dengan Ia Yang Maha Sempurna. Pertama dengan konsisten melakukan ibadah wajib, selanjutnya perindah dengan menambah ibadah sunnah.

Kalau sudah dekat, apa sih yang gak dikasih?

Yuk, semangat ! Bismillaah.

NB : dituliskan untuk adik-adik 34. Ceritanya salah seorang sahabat Rohis meminta saya menuliskan kiat untuk berprestasi secara akademik dan organisasi. Maaf ya kalau terlalu panjang atau tidak memenuhi harapan. Oh ya, kalau ada yang ingin menambahkan, mangga saya tunggu. Saya juga sedang belajar meneladani Rasulullah yang prestasinya tercatat dalam sejarah dunia dan akhirat. Semoga bermanfaat.

Dan, mohon maaf dengan kapasitas saya, yang saya pahami hanya sedemikian. Menulis juga sebuah prestasi kan? Ini juga ada kutipan dari Teh Moi, Teh Monik, dan 7 Habit, kok.

Advertisements
Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: