Tulisan Tahun Pertama


Setahun ini saya merasa tulisan-tulisan saya cenderung lebih didominasi pikiran saya sendiri.

Apa yang saya rasakan, dan sudah, berhenti saja di situ.

Mungkin karena hanya sedikit buku-buku non kedokteran yang saya sentuh. Saya masih belum mampu sepenuhnya membagi waktu dengan bahan-bahan kuliah yang menggunung. Padahal, untuk mendaki gunung juga kan ada strateginya, gak hanya mempelajari apa yang ada di gunung, tapi juga apa yang kita perlukan untuk mendaki gunung. Internal, eksternal, semua butuh persiapan.

Tawazun. Balance. Seimbang.

Kadang saya ingin sekali bisa menulis tentang dunia luar, meski dari sudut pandang saya sendiri (entah ini kelemahan atau kekuatan, saya lebih banyak mengambil sudut pandang sebagai seorang ‘saya’, salah satu contoh yang kuat tentang intrapersonal seseorang), saya ingin menulis sesuatu dalam spektrum yang lebih luas.

Atau ini hanya tentang ‘style’?

Mekanismenya begini : saya hadir di suatu tempat atau lingkaran waktu, saya mengamati, saya mengalami, saya merasakan, dan segala input yang datang tertuang dalam berbagai bentuk ke dalam tulisan.

Sebelum kuliah, ada bagian lain yang ikut serta dalam membentuk tulisan tersebut : saya mengingat-ingat apa yang saya baca, apa yang saya dengar dari seorang ahli, atau apa yang saya pelajari di luar bahan sekolah saya.

Menambahkan warna yang kuat agar pesan yang saya sampaikan tidak hanya dari satu sudut pandang.

Intinya selalu, saya harus banyak belajar lagi. Terpikir ingin ikut pelatihan kepenulisan, jurnalistik, atau forum-forum lain yang memiliki materi pakem untuk meluaskan spektrum tulisan saya sekaligus menguatkan karakter tulisan.

Selain itu, tentu saja : banyak membaca, melihat, dan mendengarkan tentang hal-hal yang multidisiplin. Minimal berita atau buku-buku psikologi.

Do’akan ya supaya manajemen waktu saya semakin baik (baca : optimal, efisien, dan memiliki daya yang efektif).

Aamiin.

Leave a comment

Leave a Reply

