Hobi dan Husnuzhon


Dari awal saya sangat ingin jadi profesor, kompak tanpa pernah dikompak-kompakin dengan kakak kelas (tapi sudah seperti kakak saya sendiri) di SMA, Kak Tania. Dulu Ummi pernah bilang, “Kakak harus lebih hebat dari Ummi, kalau Ummi S-2 berarti Kakak dan Muthi harus bisa lebih.”

Selanjutnya saya mikir, katanya Ummi mau ambil S-3 seselesai saya kuliah, berarti kalau Ummi S-3 saya harus …. –> saya masih dalam proses ‘fill in the blank’ ini.

Tapi sempat terlintas juga, menurut saya bukan masalah gelar yang ingin dituju, tapi SEMANGAT BELAJAR saya yang gak boleh mati sebelum saya benar-benar mati.

Kadang orang-orang di sekitar saya cekikikan membaca biodata singkat sewaktu SMP (dulu itu zaman sering tukar-tukaran biodata gitu, kan).

Nama : Nur Afifah

Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 9 Romadhon 1413 H

Bla bla bla sampai

Hobi : Baca, Nulis, Belajar

“Serem banget Fah, hobinya belajar.”

Tapi buat saya, jauh lebih serem kalau saya yang jadinya nanti benci belajar. Entah lelah, entah jenuh, entah keterbatasan lain yang akan menghalangi saya dari aktivitas yang dicintai Allah ini.

Belajar, mengajarkan, mengamalkan.

Makanya, saya meng’husnuzhon’kan diri bahwa hobi saya belajar. Tulisan saya juga sering mengangkat tema belajar. Itu karena saya sedang menyemangati diri saya untuk menjadi seorang hamba yang pembelajar seperti Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrohim AS. Seperti seorang Al Kindi, Ibnu Sina, dan cendekiawan muslim yang lain. Seperti seorang Adnan Oktar. Seperti seorang Bung Hatta dan BJ Habibie.

Kalau saya percaya, Allah pasti memudahkan.

Dan yang paling penting, di akhir tulisan-tulisan saya insya’Allah akan banyak orang yang turut mendo’akan harapan saya dengan mengucap tulus, “Aamiin yaa Robb, kabulkanlah wahai Allah.”

Yuk, jadi bangsa pembelajar:)

Bismillah wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Previous Post
Leave a comment

1 Comment

  1. Aamiin yaa Robb, kabulkanlah wahai Allah.. ^___^

    Reply

Leave a Reply

